Tentang Syukur

Assalamu’alaikum warahmatullah hiwabarakatu..
Alhamdulillah.. kita panjatkan puji syukur atas segala nikmat yang dititipkan-Nya kepada kita semua.. Dengan segala nikmat-Nya kita bisa membaca semua postingan ini..

Syukur? Ada yang mengertikah? Pasti semua ngerti… marih kita langsung saja ke pokok bahasan.
Syukur berasal dari kata “Syakara” yang artinya pujian atas kebaikan, sedangkan dalam istilah Syara’, Syukur merupakan pengakuan terhadap nikmat yang dikaruniakan Allah yang disertai dengan ketundukkan kepada-Nya dan mempergunakan nikmat tersebut sesuai dengan kehendak Allah.

Didalam Syukur, ada 3 hal yang perlu diketahui yaitu;
1. Syukur Hati
2. Syukur Lisan
3. Syukur Perbuatan

Orang belum bisa dikatakan bersyukur kalo salah satu poin di atas blum terpenuhi,,itulah yang namanya Syukur Hakiki. okeh mari kita bahas satu persatu tentang Syukur Hakiki ini.

1. Syukur Hati

Coba Tanya hati sodara masing2 nikmat (rezeki, jodoh, anak, kekayaan, kecukupan dll) berasal dari mana? Nah kalau hati sudah menjawab coba anda pikirkan.. Apakah semua ini berasal dari diri sendiri? Atau dari Allah.. coba mikir lagi kita ini sebenarnya kaya apa miskin sih? Sebenarnya kita ini Miskin semiskin-miskannya makhluk,,, gak ada dari diri kita ini yang bener-bener udah di hak paten kan bahwa milik kita sendiri, jangankan masalah harta, Jasad? Punya siapa coba? Punya Allah.. okeh lah, Roh punya siapa? Punya Allah juga… kita gak bakalan ada tanpa seizin Allah.. Makanya percuma klu mau sombong2 pas hidup, malu-maluin, semua ini bukan milik kita pribadi… nah maka dari itu yang dimaksud dengan Syukur Hati ini ialah Hati ini benar2 mengakui bahwasannya semua Kenikmatan itu dari Allah.semata, kita ini gak ada apa-apanya… jangan pernah menganggap fari kita sendiri. Sombong namanya.

2. Syukur Lisan

Kebanyakan manusia2 sibuk klu abis ngucapin salam di akhir sholat tanpa basa-basi ini itu gapake dzikir gapake do’a langsung kabur… lebih mementingkan dunia yang mw ancur ini, seakan-akan hidup di dunia ini lama, apa gak SOMBONG ini namanya..nerima rezeki (knikmatan) lupa total wat bersyukur, pas nerima kenyataan buruk ngeluh-ngeluh gak karuan dan malah menggugat Allah “Kenapa jadi begini Ya Allah?”sambil mewek2,,. Parahkan.. lebih parahnya lagi menang judi ngucapin “Alhamdulillah”, dapet rezeki halal gak bersyukur lisan.. huh… mudah2an kita sodara2 terhindar dari sifat begitu.Amin. Syukur lisan ini juga bukan hanya ngucapin “Alhamdulillah” doank, tp di ikuti dengan keyakinan hati atas semua nikmat itu berasal dari Allah.. orang banyak bersyukur itu orang yang hebat.. apalagi didalam musibah sekalipun dia bersabar sambil bersyukur kepada Allah sama halnya dengan dia bersyukur atas nikmat-nya. Syukur itu dapat menentramkan hati.. Yakinlah.

3. Syukur Perbuatan

Pas dikasih kenikmatan, Syukur hati dan Lisan Okelah, contoh dapet knikmatan sehat.. dia bersyukur.. tapi hanya sekedar syukur hati n syukur lisan doank,,SAMA AJA BOHONG, gak ada realisasi rasa syukurnya. Syukur itu perlu pembuktian dengan perbuatan, ky dikaruniakan keshetan, Sholatlah, dzikirlah, do’alah.. jangan Cuma mw nerima enaknya doank.. contoh lagi, dapet rezeki..ya zakatlah, sedeqahlah, infaklah,, jangan perhitungan,,, Allah aja gak pernah perhitungan dengan kita semua…
Manusia memang punya naluri gak pernah merasa puas dengan apa yang udh dimiliki, udah punya sepeda, pengen motor, udah punya motor pengen mobil, udh punya mobil pengen punya kapal pesiar, udh punya kapal pengen pesawat… gak bakalan pernah puas. Selalu bernafsu mendapatkan apa yg diinginkan.okeh gak ada salahnya si asal selalu bersyukur n cara mendapatkan di jalan yang diridhoi Allah.. tapi bukan naluri itu gak bisa dikendalikan, caranya mengendalikannya ya BERSYUKUR ini.

Yah cukuplah untuk saat ini postingan yang plot / alurnya berantakan n bahasa yg gak baku.. saya memang gak bakat jadi penulis .. hehe

Maaf klu ada salah2 kata.. dan semoga semua dikasih petunjuk untuk tetap selalu bersyukur kepada Allah yang maha Besar.

Wassalam.

Posted in Uncategorized | Tagged , , | Leave a comment

3 Rumus Ketenangan Hidup

Assalamu’alaikum wr, wb
Alhamdulillah bisa posting lagi, masih dititipin jari untuk ngetik, masih dititipin mata untuk ngeliat, masih dititipin otak untuk mikir dan Alhamdulillah untuk segalanya yang terlupakan untuk disyukuri.  Maaf, ini saya menggunakan bahasa yang gak baku, soalnya enak yang enjoy2 aja klu share begini..

Syukur

melihat judul diatas, memang judulnya agak aneh… udah ky matematika aja pake rumus segala… hehhehehe… Ya tapi gapapalah yang penting masih bisa sharing dengan ilmu yang sedikit ini… ini pengalaman pribadi saya sendiri, tahun 2010 kemaren saya masih acak2an, amburadul, gak jelas juntrungannya, utang sana sini numpuk, mata selalu ngantuk, muka cemberut, sering berantem ma pacar dan lain-lainlah (curcol mode : on).. tapi alhamdulillah sekarang udah sedikit terbebas dengan masalah ini dan masalah2 lainnya, ini menyangkut dengan masalah yang saya bahas di postingan sebelumnya yaitu Zuhud.. memang klu manusia itu jarang bersyukur, pelit dan selalu mementingkan diri sendiri pasti dah selalu deket dengan masalah, pas nemu masalah dijabanin dengan emosi… wah mantaf dah tu kan.. setan pada seneng.. rasanya klu emosi apa yang ada ditangan pengen di banting aja, barang gak salah kok dibanting.. ingat, setan itu yang nyuruh ngebanting, lagi bete mabok2an, lagi stres pengen bunuh dirilah apalah inilah itulah.. wooohhhhhhhhhhh riweuh lah pokokna…tapi setelah saya sadar, mikir,,, untuk apasi idup ni klu bukan untuk melakukan kebaikan..Allah kan menciptakan manusia untuk menyembah-Nya.. dipikir2 lagi,,, gak ada gunanya memang yg ky begitu2an..malah nambah masalah, dari situ saya mulai ingat dan bersyukur atas apa yang dititipkan-Nya. mulai dari masalah, dapet masalah harus disyukuri karena pasti mengandung hikmah.. pas lagi seneng atau happy juga saya jadi bersyukur, gak ky maren2, karena kebanyakan orang inget ma Allah pas susahnya doank, pas lagi senengnya lupa (menurut pengalaman pribadi saya).

Sabar

seberapa besar sih sabar sodara2? seberapa seberapa panjang sih batas2 kesabaran sodara2? banyak yang bilang “kesabaran itu ada batasnya”… ketahuilah bahwa yang namanya sabar itu gak ada batasnya kalo bisa ngelola…. tapi sabar disini bukan sabar semata… mentang2 sabar banget, kita gak ada kerjaan, anak bini kelaparan dirumah, kita juga cuma bengong doank sambil mandangin langit dengan berdo’a dalam hsti ” YaAllah, berikan aku kesabaran yang lebih untuk menghadi ujian-Mu ini”,, nah yg ky begini ini bukan sabar namanya… selagi masih dikasi tenaga, kaki yang kuat, tangan yang kuat dan yang kuat2 lainnya ya berusahalah / ikhtiar semampu mungkin, berusahanya juga dijalan yg di ridhoi Allah. dalam berusaha, usahakan jangan NGELUH yarpun dalam hati juga.. nikmati aja usaha yang lagi dikerjain.. dan jangan lupa selalu berdo’a, ky judul lagu bang rhoma “Perjuangan dan Do’a”…udah usaha, udah berdo’a baru Tawakkal… serahkan semua keputusan kepada Allah, terserah Allah nantinya mau ngasih rezeki ataupun gak..ya klu gak dikasih hari ini mungkin besok dan seterusnya yang penting SABAR aja, dan JANGAN MENYERAH ky lagu d’massive.. selalu berusaha dan berdo’a demi apa yang di inginkan Asal dijalan yang diridhoi……Yakinlah, Allah itu punya rencana yang INDAH untuk org2 yang selalu Sabar dan Tawakkal…

Ikhlas

Selalu ikhlas (semata karena Allah, dan dari Allah pulalah rezeki itu datang) dan selalu santai menghadapi masalah dan anggap aja kita ini gak lagi kena masalah.. tapi jangan mentang2 udah punya cukup Kesabaran dan Syukur, jadi ngomong dalam hati begini “Ah gw kan org yg selalu bersyukur,  sabar dan zuhud terhadap dunia ini, masalah dunia itu cuma masalah kecil, yang gak perlu diribetin”,, memang bener banget, tapi klu udah mengecilkan / menyepelekan sesuatu karena merasa ilmu kita udah tinggi itu namanya Ujub (bangga kepada diri sendiri) dan ini sifat yang gak disukai oleh Allah, dari ujub ke Takabur (sombong)… salah lagi jadinya kan… namanya perkataan hati, yang datangnya secara spontanitas, gak bisa di kontrol, dan jadinya Bangga dah…susah kalo begini. Tapi bisa kok perkataan itu di revisi ulang lagi yar gak jadi Ujub walau cuma dalam hati,  stiap perkataan hati yang jelek2 itu datangnya dari setan, maka klu abis hati ngmong ky gtu selalu baca “A’udzubillah dan Astaghfirullah” yar hati jadi sadar akan buruknya ujub..

sampai disini dulu.. hehehe .. udah jam setengah dua malem..semoga kita selalu diberkahi Allah dengan kebaikan.. Amiinnnn ya rabbal ‘alaminnnnn.

Wassalam.

Posted in Uncategorized | Tagged , | Leave a comment

Zuhud

Assalamu’alaikum warahmatullah hiwabarakatu saudara-saudara yang selalu dimuliakan oleh Allah, yang dititipkan mata untuk melihat dan dititipkan Ilmu untuk mengkaji dan memahami masalah yang ada di dunia ini.
Sebelumnya pasti saudara-saudara sudah mengerti tentang makna zuhud ini, yang bisa diartikan ‘melepas semua permasalahan dunia untuk mendekatkan dirikepada-Nya’. Mengaplikasikan Zuhud dalam keh idupan sehari-hari sangatlah susah bagi saya pribadi, karena masih banyak tanggung jawab (untuk dunia) yang harus dijalani, mengingat umur saya masih relative muda unuk ber-Zuhud, tapi apa salahnya untuk belajar pelan-pelan. Zuhud bukanlah melupakan dunia tapi mendekatkan diri pada-Nya dengan cara meninggalkan ‘keduniaan’.
Ada 3 tanda yang dikemukakan oleh Imam Ghazali, yaitu;
1.Tidak bergembira dengan apa yang ada dan tidak bersedih karena kehilangan, karena pada hakikatnya semua akan ‘kembali’ kepada-Nya.
Allah berfirman;
‘Supaya kamu tidak berduka cita terhadap apa yang hilang dari kamu dan supaya tidak terlalu gembira terhadap apa yang dititipkan-Nya padamu’. Pertanyaannya adalah; Sanggupkah saudara kehilangan orang yang selalu dicintai dengan merelakan serela-relanya?
Atau harta, jabatan dan kedudukan mungkin? Jawaban ini semua ada pada hati saudara-saudara sekalian 
2. Orang yang memuji dan mencelanya dianggap sama saja, jadi tidak akan ada kebanggaan diri dan tidak ada emosi yang terpendam.
Kalau memang bisa, jadikanlah ini sebagai prinsip hidup dalam berhubungan kepada masyarakat luas, Insyaallah tidak akan ada kesombongan walau hanya dalam bentuk sikap, ingat sikap bukan dari otak melainkan dari hati, apa yang ada pada hati anda boleh jadi kelihatan pada sikap anda.
3. Cinta kepada Allah mendominasi hatinya, membuat selalu ingat kepada siapa yang menciptakan dia, hati tidak bisa terbebas dengan cinta, cinta dunia dan cinta Allah. Kedua cinta ini didalam hati bagaikan air dan udara didalam gelas, apabila air dimasukkan kedalam gelas maka keluarlah udara.
Setiap orang yang akrab dengan Allah, maka ia sibuk dengan-Nya dan tidak sibuk dengan lain-Nya, dihatinya hanya ada Allah. Jadi tanda orang Zuhud adalah tidak membedakan antara kemiskinan kekayaan, kemuliaan kehinaan, pujian celaan, karena adanya dominasi keakraban dengan Allah. Dari tanda-tanda orang yang zuhud ini, muncul tanda-tanda lain;
Yahya bin Muad berkata: Kedermawanan dengan apa adanya.
Ibnu Khafif: adanya rasa lega keluar dari kepemilikan .
Ahmad bin Hanbal: Pendeknya angan-angan.
Al Fuadhil berkata: Allah menjadikan segenap keburukan didalam rumah dan kuncinya adalah cinta dunia, Allah menjadikan segenap kebaikan didalam rumah dan kuncinya ZUHUD DARI DUNIA.
Wassalamu’alaikum wr. wb

Posted in Uncategorized | Tagged , , , | Leave a comment

Pengertian Asfala Safilin

Assalamu’alaikum wr.wb  saudara-saudara yang selalu dimuliakan Allah SWT,

Sebelum saya menarik benang merah kepeda pengertian Asfala Safilin, saya hanya ingin share saja perbedaan Blog hosting  antara blogspot dan wordpress. Kenapa saya memilih wordpress daripada bloghosting yang lainnya, karna (menurut saya) di wordpress ini ada semacam konversi otomatis dari WEB ke WAP, mungkin saya tidak perlu menerangkan secara panjang lebar  arti kata WEB dan WAP, wordpress adalah Website yang otomatis terkonversi menjadi WAP (Wireless Aplication Protocol)  apabila dikunjungi melalui ponsel Java dengan Aplikasi browser Operamini, yang artinya bandwitch Page / halaman maupun HTML nya akan beradaptasi dengan aplikasi browser  di handphone tersebut, sehingga para pengguna HP tidak akan banyak menghabiskan bandwitch yang otomatis memotong pulsa, Page / halamannya pun akan berubah menjadi kecil dan mudah dibaca (tidak berat) . tapi ini tergantung pembuat blognya sendiri, ya kalau terlalu banyak javascript dan widget-widget lainnya  juga akan berat bandwitch.. saya memilih wordpress ini karena mungkin ada diantara saudara-saudara yang menggunakan handphone sebagai sarana blogwalkingnya.. jadi tetaplah beersyukur atas semua titipan-Nya yang dititipkan kepada kita semua. Amin.

Langsung saja kepada pokok permasalannya, pengertian Asfala Safilin adalah Yang terendah dari yang rendah-rendah, hina dan lain-lain.  banyak orang yang mengartikan ini adalah sesuatu yang memang tidak bagus. Dan inilah saya, saya menyadari saya adalah golongan yang bisa di anggap Asfala Safilin, hina, terendah dari yang rendah-rendah dimata-Nya. Oleh sebab itu saya membangun blog ini karena ingin berusaha mengembalikan kedalam kesempurnaan Ahsani  Taqwim-Nya. Mungkin dengan adanya blog ini saudara-saudara yang selalu dimuliakan Allah sudi berbagi, mengajari dan member I penerangan kepada saya yang Asfala safilin ini. Kolom komentar telah disediakan dibawah dan yang ingin berkomentar silahkan berkomentar saja tanpa adanya batasan-batasan asal dalam hal membangun menjadi yang lebih baik, saya akan menerima dengan senang hati kritikan dan saran dari saudara-saudara sekalian tanpa adanya rasa takut dari diri saya bahwa akan dikucilkan / dianggap bodoh  asal dalam hal membangun menjadi yang lebih baik seper ti yang saya katakan sebelumnya.  semoga kita selalu diberkahi kebaikan oleh-Nya . Mohon maaf semaaf-maafnya jika ada perkataan saya yang tidak berkenan dihati saudara sekalian dan jangan sungkan untuk mengkritik saya. Wassalamualaikum warahmatullah hiwabarakatu.

 

Posted in Tassawuf | Tagged , , , | Leave a comment

Assalamu’alaikum

Dengan izin Allah Subhanallahu Ta’ala saya dapat bernafas dan dapat merangkai paragraf demi paragraf di blog yang sederhana ini.. dan tidaklah lupa akan memanjatkan puji syukur atas pemberian nikmat-Nya di masa saya hidup di dunia fana ini. Alhamdulillah..

Saya hanya seorang pemuda yang hina dimata-Nya yang mencoba lebih baik dari hari kemarin, dengan adanya blog ini saya ingin berbagi dengan saudara-saudara sekalian yang jauh lebih faham tentang apa yang akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada saudara-saudara yang selalu dimuliakan Allah atas kunjungannya. Wassalamulaikum warahmatullah hiwabarakatu..

Sesungguhnya efek pujian / celaan dari manusia itu hanya dirasakan didunia saja, tidak di kehidupan setelah kematian, dan yang namanya manusia didunia ini hanya sebagai musafir,  selalu berjalan pulang menuju negeri tempatnya berasal yaitu akhirat”

Posted in Asfala Safilin, Tassawuf, Uncategorized | Tagged , | Leave a comment